Sabtu, 15 September 2012

Ekonomi Essay Kelas X UH 1

- PERTANYAAN :

1. Kebutuhan anda sebagai siswa!
2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini!
4. Menurut Anda, Indonesia tepat menganut sistem ekonomi apa? berikan penjelasan!


- JAWABAN :

1. Kebutuhan saya adalah perlengkapan sekolah, karena saya seorang siswa saya rasa yang paling saya butuhkan adalah perlengkapan sekolah seperti, buku, tas, alat tulis, seragam sekolah.

2. Kebutuhan manusia memang terbatas dan hal itu sering kali tidak di imbangi dengan sumber daya yang terbatas. Sebaiknya kita sebagai manusia memanfaatkan sumber daya yang ada dan mengolahnya menjadi barang yang berguna. Mendaur ulang barang yang dapat di daur ulang juga salah satu cara agar kebutuhan kita sebagai manusia dapat terpenuhi dan sumber daya alam tidak akan cepat habis.

3. Dulu saat saya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, saya kelupaan membawa uang saku. Uang yang kebetulan ada di kantung seragam saya hanya 2000 rupiah. Saat jam istirahat, saya kelaparan dan tidak jajan mengingat uang saku saya yang hanya pas untung membayar angkutan umum pulang sekolah nanti. Akhirnya saya pulang dengan uang pas-pasan dan perut keroncongan.

4. Menurut saya, Indonesia akan lebih baik jika menggunakan Sistem Ekonomi Campuran. Kenapa ? Agar Masyarakat juga dapat berpartisipasi dengan perekonomian di Indonesia. Jadi tidak hanya pemerintah saja yang mengatur jalannya perekonomian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar